Bisnis merupakan suatu hal yang berkaitan dengan sosial. Didalam ilmu bisnis, seorang pengusaha tidak dapat menjalankan bisnisnya tanpa bantuan orang lain. Begitu juga, jika tidak ada persaingan tentu bisnis yang akan dijalani tidak akan berkembang. Karena berkaitan dengan sosial maka diperlukan sebuah etika dalam melakukan bisnis, dengan adanya etika diharapkan adanya hubungan yang terjalin baik diantara pelaku bisnis dan tidak akan terjadinya perbuatan yang melanggar hukum. Berikut ini adalah pembahasan mengenai etika dalam persaingan bisnis.
Moral Dalam Dunia
Bisnis
Sejalan dengan berakhirnya pertemuan para pemimpin APEC di Osaka Jepang dan dengan diperjelasnya istilah untuk menjadikan Asia Pasifik ditahun 2000 menjadi daerah perdagangan yang bebas sehingga baik kita batas dunia akan semakin "kabur" (borderless) world. Hal ini jelas membuat semua kegiatan saling berpacu satu sama lain untuk mendapatkan kesempatan (opportunity) dan keuntungan (profit). Kadang kala untuk mendapatkan kesempatan dan keuntungan tadi, memaksa orang untuk menghalalkan segala cara mengindahkan ada pihak yang dirugikan atau tidak.
Sejalan dengan berakhirnya pertemuan para pemimpin APEC di Osaka Jepang dan dengan diperjelasnya istilah untuk menjadikan Asia Pasifik ditahun 2000 menjadi daerah perdagangan yang bebas sehingga baik kita batas dunia akan semakin "kabur" (borderless) world. Hal ini jelas membuat semua kegiatan saling berpacu satu sama lain untuk mendapatkan kesempatan (opportunity) dan keuntungan (profit). Kadang kala untuk mendapatkan kesempatan dan keuntungan tadi, memaksa orang untuk menghalalkan segala cara mengindahkan ada pihak yang dirugikan atau tidak.
Alat Analisis
SWOT singkatan dari strength, weakness, opportunity, dan threat atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman.
SWOT singkatan dari strength, weakness, opportunity, dan threat atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman.
- Kekuatan merupakan hal yang positif yang sifatnya dari dalam/internal.
- Kelemahan merupakan hal yang negatif yang sifatnya dari dalam/internal.
- Kesempatan merupakan hal positif yang sifatnya dari luar/eksternal.
- Ancaman merupakan hal negatif yang sifatnya dari luar/eksternal.
Dari penjelasan diatas kita kini dapat
menganalisis bagaimana kekuatan kelemahan serta peluang dan ancaman apabila
suatu perusahaan menerapkan pola-pola “menghalalkan segala cara” atau 5K
seperti yang pembahasanya teorinya sudah dijelaskan diatas
Analisis Kekuatan
Memiliki karakter yang kuat
Disegani lawan
Memiliki kemampuan untuk menjadi kompetitor yang handal
Memiliki karakter yang kuat
Disegani lawan
Memiliki kemampuan untuk menjadi kompetitor yang handal
Analisis Kelemahan
Kecurangan, kebohongan biasanya akan terkuak pada waktunya
Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan terjatuh juga
Analisis Peluang
Mampu memonopoli pasar dengan kekuatan power yang mereka miliki
Analisis Ancaman
Dapat dikalahkan oleh perusahaan yang dapat menagmbil hati masyarakat dengan image kebaikannya
Dapat collapse sewaktu-waktu akibat kecurangan yang diperbuatnya.
Kecurangan, kebohongan biasanya akan terkuak pada waktunya
Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan terjatuh juga
Analisis Peluang
Mampu memonopoli pasar dengan kekuatan power yang mereka miliki
Analisis Ancaman
Dapat dikalahkan oleh perusahaan yang dapat menagmbil hati masyarakat dengan image kebaikannya
Dapat collapse sewaktu-waktu akibat kecurangan yang diperbuatnya.
No comments:
Post a Comment